Keindahan Tersembunyi Di Balik Wisata Alam Gunung Merapi

Selain terkenal dengan wisata sejarah dan wisata belanja, Jogja juga memiliki banyak sekali objek wisata alam yang tidak kalah jika dibandingkan dengan objek wisata alam yang terdapat di tempat lainnya. Objek wisata Gunung Merapi merupakan salah satu objek wisata alam yang saat ini masih menjadi primadona baik untuk wisatawan domestik maupun wisatawan Mancanegara yang sedang berkunjung ke Jogja. Meskipun gunung ini sering menghadirkan bencana dari letusannya, namun objek wisata ini tetap menjadi ikon pariwisata di Jogja yang paling populer.

Gunung Merapi
Gunung Merapi

Bagi Anda yang berkunjung ke Jogja, tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak berkunjung ke objek wisata satu ini. Selain bisa menikmati udara khas pegunungan yang sangat menyejukkan, Anda juga bisa menikmati jejak-jejak letusan Merapi pada tahun 2010 dengan menggunakan Jip. Tertarik untuk liburan kesana? Simak penjelasan terkait dengan rute akses menuju objek wisata Gunung Merapi dan harga tiket masuknya.

Akses Menuju Gunung Merapi

Seperti yang diketahui objek wisata ini terletak di wilayah Jogja tepatnya di Kabupaten Sleman pada lereng disisi selatan. Untuk sampai ke lokasi ini ada banyak akses jalan yang bisa Anda gunakan. Bagi Anda yang melalui Desa Kinaharjo yang letaknya 2 km dari sebelah timur kaliurang, Anda dapat menempuhnya dalam waktu kurang lebih 10 jam karena dari Kinaharjo ke puncak merapi hanya berjarak sekitar 9 km.

Sedangkan bagi Anda ingin melakukan perjalanan melalui daerah selo tepatnya Kabupaten Boyolali yang lokasinya berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu,  Anda bisa menempuhnya dari Jogja menggunakan bus sampai di daerah Kartosuro dan selanjutnya menuju ke Boyolali hingga sampai di daerah Selo.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Merapi

Untuk harga tiket masuk di objek wisata ini bisa dikatakan masih terjangkau. Untuk tiket wisata Volcano Trekking Kinahrejo dan Kepuhharjo Anda hanya perlu membayar Rp. 5000 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2000 per kendaraan. Lalu bagaimana dengan pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi?

Anda tidak perlu khawatir karena di sana juga tersedia fasilitas ojek yang bisa Anda gunakan. Untuk ongkos ojek dari daerah Kinahrejo hingga ke tempat Bekas rumah  Alm Mbah Marijan, Anda harus membayar ongkos sebesar Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan jasa Ojek dari daerah Kepuharjo hingga daerah Kaliaden ongkos yang harus Anda bayar, yaitu antara Rp. 35.000 sampai Rp. 50.000,-.

Aktivitas di Gunung Merapi

Ada banyak hal yang ditawarkan dari objek wisata ini, mulai dari pemandangan lereng gunung yang sangat indah dengan udara yang sangat segar dan menyejukkan hingga fasilitas perkemahan yang disediakan oleh pihak pengelola. Fasilitas perkemahan tersebut sering digunakan untuk kegiatan pramuka atau kegiatan yang terdapat jalur lintas alam untuk menjelajah keindahan alam secara lebih dekat.

Selain fasilitas diatas, ada juga fasilitas berupa penginapan, seperti vila dan bungalow. Oleh karena itu tidak salah jika tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Bagi Anda yang memiliki rencana mengunjungi objek wisata Gunung Merapi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu akses jalan yang ingin Anda gunakan, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi saat berada di perjalanan. Semoga infromasi diatas membantu Anda dalam mencari referensi tempat wisata untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Leave a Comment