Pesona Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Begitu Menakjubkan

Gunung Api Purba Nglanggeran – Anda Pernah ke Jogja? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Terletak di wilayah Kabupaten Gunung kidul, objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini merupakan salah satu objek wisata alam yang hadir menawarkan berbagai macam keindahan alam pegunungan yang sangat eksotis dan mempesona. Dengan banyaknya daya tarik yang tersedia di dalamnya menjadikan objek wisata alam ini sebagai tempat wisata yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung yang masih aktif pada puluhan juta yang lalu, namun Anda jangan khawatir karena gunung ini sudah tidak aktif lagi. Di Objek wisata ini Anda bisa menyaksikan panorama sunset dan sunrise yang sangat indah dan mempesona. Selain itu Anda juga bisa menikmati gemerlap Kota Jogja di malam hari dari puncak gunung. Objek wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama teman atau keluarga yang suka berwisata alam pegunungan. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, simak beberapa informasi terkait gunung ini.

Akses Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran

Objek wisata Gunung Nglanggeran ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Anda dapat menempuhnya kurang lebih sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan untuk akses jalan untuk menuju ke tempat wisata ini juga sudah sangat baik, sehingga dapat dilalui oleh kendaraan mobil maupun bus pariwisata.

Bagi Anda yang berangkat dari Kota Jogja, Anda bisa menggunakan rute dari jalan Piyungan dan Wonosari. Selanjutnya jalan lurus hingga menemukan Radio GDC FM Patuk. Setelah itu Anda bisa meneruskan perjalanan hingga mencapai pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II. Kemudian Anda bisa meneruskan perjalanan sesuai dengan rute yang telah disediakan oleh pihak pengelola di sepanjang jalan.

Harga Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket masuk antara wisatawan domestik dan wisatawan Mancanegara di objek wisata Gunung Nglanggeran ini berbeda. Untuk harga tiket masuk wisatawan domestik, yaitu sebesar Rp 20.000 pada malam hari dan Rp 15.000 pada siang hari. Sedangkan untuk harga tiket wisatawan Mancanegara, yaitu sebesar Rp 30.000 pada siang atau malam hari. Sangat murah sekali bukan? Harga tiket masuk diatas belum termasuk dengan harga tiket untuk menikmati wisata lainnya yang tersedia, seperti Air Terjun Kandang dan Embung Nglanggeran.

Aktivitas Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu aktivitas yang paling disukai oleh pengunjung objek wisata ini adalah melakukan pendakian ke puncak Gunung Nglanggeran. Jalan pendakian gunung ini pun masih berupa jalan setapak, namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini jalan tersebut sudah di cor dengan semen oleh pihak pengelola kawasan wisata. Jika Anda melakukan pendakian ke gunung ini, Anda akan disuguhi dengan berbagai keindahan alam yang sangat indah saat sampai di puncak gunung Gede. Selain Gunung Gede, beberapa puncak yang bisa Anda jumpai saat mendaki di Gunung Nglanggeran ini, yaitu Gunung Wayang, Gunung Lima Jari, dan Gunung Kelir.

Ada beberapa tempat wisata lainnya yang ada di sekitar objek wisata Gunung Nglanggeran, jadi pastikan untuk mampir kesana saat Anda saat berkunjung ke objek wisata ini. itulah sedikit informasi tentang Gunung Api Purba Nglanggeran, sebelum memulai perjalanan pastikan untuk mengecek terlebih dahulu kendaraan yang Anda gunakan. Semoga perjalanan liburan Anda menyenangkan!

Leave a Comment